Shopee Liga 1 2020 Lanjut 1 Oktober Tanpa ada Pemirsa

Posted on

Jakarta – PT Liga Indonesia Baru (LIB) putuskan Shopee Liga 1 2020 diadakan pada 1 Oktober 2020 sampai 28 Februari 2021. Pertandingan dinyatakan diadakan tanpa ada pemirsa.
Ada tujuh ketetapan dalam surat PT LIB yang dikirim ke beberapa peserta pertandingan pada, Jumat (10/7/2020). Ketetapan itu diambil sesudah PT LIB berjumpa PSSI waktu mengulas lanjutan pertandingan, Kamis (9/7/).

Ketetapan pertama, pertandingan diadakan pada 1 Oktober 2020 sampai 28 Februari 2021. Tetapi itu dengan catatan tergantung pada situasi epidemi virus corona yang akan datang.

Ke-2, laga dinyatakan tanpa ada didatangi pemirsa. Ke-3, pola pertandingan masih sama serta diteruskan ke minggu ke-4.

Ke-4, club Pulau Jawa dapat bermain di kandangnya semasing. Sesaat club di luar bermain di Jawa dengan Yogyakarta serta sekelilingnya untuk pusatnya.

Ke-5, akan ada pekerjaan pra-kompetisi berbentuk Workshop Medical serta Match Organization dan Manajer Rapat Liga 1 2020. Ke enam, PT LIB minta pada tim-tim untuk ajukan home base-nya semasing (berlaku untuk club asal Jawa).

Serta ke-7, PT LIB akan menyebut rapat semua manager club peserta Shopee Liga 1 2020 yang akan dikerjakan pada 17 Juli akan datang.

Lihat ketetapan di atas, berarti club dari Pulau Jawa dapat bermain di kandangnya semasing dengan catatan ada di zone hijau. Sesaat club luar Jawa seperti Persiraja Banda Aceh, akan mainkan kompetisinya di Yogyakarta serta sekelilingnya.

Walau demikian, tidak semua club Jawa dapat bermain di kandangnya semasing. Persebaya Surabaya, contohnya, yang datang dari daerah dengan masalah corona tinggi.

“Pertandingan diteruskan sesuai pola lama. Jadi, tiga minggu yang berjalan diteruskan ke minggu ke-4 sampai ke minggu 34 kelak. Yang beralih ialah berkaitan dengan home base, yang luar Jawa akan dikonsentrasikan di Jawa homebasenya, Insyaallah di wilayah Yogyakarta serta sekelilingnya,” kata Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, pada wartawan.

“Jika club Jawa home base-nya dapat di tempat sendiri, tapi tidak tutup peluang sebab keadaan epidemi di wilayahnya, dapat geser home base ke tempat lain,” katanya.

“Jika contohnya Persebaya turut (berkandang) disana (Surabaya) kemungkinan belum dapat, mereka dapat cari home base, contohnya kelak Sidoarjo, Madiun atau dimana, juga bisa,” katanya memberikan tambahan.

7 Ketetapan PT LIB masalah lanjutan Shopee Liga 1 2020:

1.Jika penerapan kelanjutan pertandingan Liga 1 2020 diawali pada tanggal 1 Oktober 2020 28 Februari 2021 dengan tine “Extraodinary Competition; dengan catatan jika agenda itu akan ikuti keadaan perubahan epidemic COVID-19

2.Semua laga dikerjakan tanpa ada penonton;

3.Jika skema pertandingan karakternya meneruskan dari mulai match week 4 dengan pola pertandingan double round robin;

4.Semua laga akan dikerjakan di Pulau Jawa hingga club di luar Pulau Jawa akan ber-homebase di Jawa terutamanya di DI Yogyakarta serta sekelilingnya

5.Jika LIB setelah itu akan melakukan jadwal persiapan pre-competition, salah satunya adalah:

a. Workshop Medical serta Match Organization
b. Manajer Rapat Club Liga 1 2020

*Seluruh waktu serta acara tempat akan diumumkan selanjutnya

6.LIB sampaikan keinginan verifikasi pemakaian home base/stadion yang akan dipakai oleh semasing club dalam penerapan kelanjutan pertandingan Liga 1 2020. Mengenai pada semua club minta agar bisa sampaikan kembali lagi pada LIB paling lambat pada tanggal 15 Juli 2020 lewat e-mail LIB.

7.LIB akan lakukan rapat dengan semua manager Club peserta Shopee Liga 1 2020 yang gagasannya akan dikerjakan pada:

Hari/Tanggal: Jumat/ 17 Juli 2020
Jam: 14.00 WIB-Selesai
Tempat: Virtual Rapat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *